Contoh diagram batang berat badan

Data dapat diartikan sebagai keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah. Titik Tengah Untuk mencari titik tengah dapat dipakai rumus: Berat badan bayi dari 1 bulan ke 2 bulan dinyatakan NAIK, karena grafik berat badan memotong garis pertumbuhan diatasnya atau kenaikan berat badannya sebesar gram, lebih dari KBM g c.

Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit. Contoh SoalHasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Istilah-istilah yang banyak digunakan dalam pembahasan distribusi frekuensi bergolong atau distribusi frekuensi berkelompok antara lain sebagai berikut.

Ogive naik dan ogive turun data di atas adalah sebagai berikut. Lebar kelas Untuk mencari lebar kelas dapat dipakai rumus: Penyelesaian Data tersebut dapat disajikan dengan diagram batang sebagai berikut.

Diposting oleh. Gambarlah ogive naik dan ogive turun.

Jika poligon frekuensi kumulatif dihaluskan, diperoleh kurva yang disebut kurva ogive. Dari tabel di atas dapat dibuat daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari seperti berikut. Histogram Contoh Soal Data banyaknya siswa kelas 9 yang tidak masuk sekolah dalam 8 hari berurutan sebagai berikut.

Akan disediakan sejumlah data, kemudian data tersebut akan disajikan dalam berbagai bentuk penyajian data. Poligon Frekuensi Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini.

Untuk menyajikan data dalam bentuk lingkaran dalam bentuk derajat, sobat idschool perlu merubah banyak data sesuai perbandingan dalam derajat. Sumbu X menunjukkan waktu-waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu.

Bila membicarakan statistika, maka tidak lepas dengan apa yang disebut data. Statistika deskriptif adalah bagian statistika yang mempelajari cara penyusunan dan penyajian data yang dikumpulkan. Berat badan bayi dari 4 bulan ke 5 bulan dinyatakan NAIK, karena grafik berat badan mengikuti garis pertumbuhannya atau kenaikan berat badannya sekitar gram, lebih dari KBM g d.

PenyelesaianSebelum data pada tabel di atas disajikan dengan diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya sudut dalam lingkaran dari data tersebut. Buatlah daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari.

Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan. Tujuan dari penyajian data adalah untuk mempermudah pembaca dalam melihat data. Kumpulan waktu dan pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan diperoleh diagram garis atau grafik garis.

Tepi atas 67,5; 70,5; …; 82,5 atau tepi bawah 64,5; 67,5; …; 79,5 diletakkan pada sumbu X sedangkan frekuensi kumulatif kurang dari atau frekuensi kumulatif lebih dari diletakkan pada sumbu Y. Contoh SoalHasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Contoh lain misalnya data korban kecelakaan lalu lintas dari kantor polisi lalu lintas. Berat badan bayi — Ada banyak cara memantau kesehatan bayi. Buatlah daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari. Perhatikan contoh berikut ini.

Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah. Statistika induktif atau inferensial adalah bagian statistika yang mempelajari tata cara penarikan kesimpulan yang valid mengenai populasi berdasarkan data pada sampel.

Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram batang.

Ogive naik dan ogive turun Daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari dapat disajikan dalam bidang Cartesius. Statistik juga diartikan sebagai suatu ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan wakil dari data itu. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh soal berikut.Contoh Soal Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi. Sajikan data tersebut dalam histogram dan poligon frekuensi. · Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit.

Penyajian Data: Diagram Lingkaran, Batang, Garis

Histogram dapat disajikan dari distribusi frekuensi tunggal maupun distribusi frekuensi bergolong. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini. Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit. Histogram dapat disajikan dari distribusi frekuensi tunggal maupun distribusi frekuensi bergolong.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut fauguet-cousinard.com: Fatia. Misalnya, jumlah penduduk setiap tahun, perkembangan berat badan bayi setiap bulan, dan suhu badan pasien setiap jam. Seperti halnya diagram batang, diagram garis pun memerlukan sistem sumbu datar (horizontal) dan sumbu tegak (vertikal) yang saling berpotongan tegak lurus.

Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram batang. Penyelesaian Data tersebut dapat disajikan dengan diagram batang sebagai berikut. Histogram Contoh Soal Data banyaknya siswa kelas 9 yang tidak masuk sekolah dalam 8 hari berurutan sebagai berikut. Poligon Frekuensi Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini.

Contoh SoalHasil pengukuran berat badan.

Contoh diagram batang berat badan
Rated 3/5 based on 2 review